Tanaman Sirsak Gunung

TANAMAN SIRSAK GUNUNG (Annona montana Macf.)

 

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Polycarpiceae

Familia : Annonaceae

Genus : Annona

Spesies : Annona montana Macf.

Morfologi

Sirsak gunung (Annona montana Macf.) termasukdalam satu famili dengan tanaman sirsak, yaitu Annonaceae. Sirsak gunung mempunyai bentuk buah hampir bulat atau lonjong. Kulit buah berwarna hijau tua waktu muda dan berubah menjadi kuning setelah tua dengan duri pendek yang lunak. Daging buah berwarna kuning dan mempunyai banyak biji bernas yang berwarna coklat muda.

 

Syarat Tumbuh

Sirsak merupakan jenis tanaman yang paling mudah tumbuh diantara jenis-jenis Annona lainnya dan memerlukan iklim tropik yang hangat dan lembab. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1200 m dari permukaan laut. Tanaman sirsak akan tumbuh sangat baik pada keadaan iklim bersuhu 22-28 C, dengan kelembaban dan curah hujan berkisar antara 1500-2500 mm per tahun. Keadaan yang terlalu panas dan terlalu dingin akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman sirsak. Pertumbuhan dan pembungaannya sangat terhambat oleh cuaca yang dingin. Sedangkan musim kemarau, tanaman sirsak akan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dengan merontokkan daunnya untuk mengurangi penguapan (Herliana dan Rifai, 2011).

Manfaat

Antioksidan alami dapat berasal dari bahan pangan salah satunya adalah buah sirsak gunung (Annona Montana Macf.) yang diduga mengandung senyawa antioksidan yakni betakarotein dan vitamin c yang ditunjukkan dengan adanya warna kuning pada buah dan rasa masam, serta telah dipercaya bahwa keluarga annona memiliki fungsi sebagai antioksidan, dibuat dalam bentuk probiotik agar lebih bermanfaat dalam saluran pencernaan serta dapat melindungi organ hepar yang mengalami stress oksidatif (Fidyasari et al., 2017). Selain itu, sirsak gunung dapat digunakan sebagai alternatif berpotensi sebagai terapi asam urat karena kandungan flavonoidnya dengan diolah menjadi minuman probiotik (Fidyasari  et al., 2019).