Kelapa

Kelapa

Nama daerah            : Kelapa

Nama latin     : Cocos nucifera

Famili             : Arecaceae

Kegunaan     : Bagian akar, bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bir dan zat    pewarna. Bagian batang dimanfaatkan sebagai bahan baku perabotan rumah, mebel, sebagai kayu, ataupun kayu bakar. Bagian daun, daun kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembungkus ataupun dianyam untuk dijadikan atap rumah, sedangkan lidinya biasa digunakan untuk membuat sapu. Bagian bunga menghasilkan cairan yang dikenal dengan nama air nira yang memiliki rasa manis, bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan gula nira ataupun sebagai minuman. Bagian buah, bagian ini terdiri dari kulit (sabut), batok, daging kelapa dan air kelapa. Kulit buah (sabut kelapa) sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan keset, batok kelapa bisa dijadikan arang, buah kelapa untuk konsumsi atau diolah untuk dijadikan minyak kelapa, terakhir air kelapa sebagai penghilang dahaga dan juga bermanfaat sebagai tanaman obat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Daerah asal  : Pesisir samudra Hindia di sisi Asia.

Deskripsi        : Tanaman kelapa digolongkan atas 2 tipe, yaitu kelapa tipe Dalam dan tipe Genjah. Kelapa tipe Dalam umumnya memiliki batang yang tinggi sekitar 15 meter dan bagian pangkal membengkak (disebut bol), mahkota daun terbuka penuh berkisar 30 – 40 daun, panjang daun berkisar 5 – 7 meter, berbunga pertama lambat berkisar 7 – 10 tahun setelah tanam, buah masak sekitar 12 bulan setelah penyerbukan, umur tanaman dapat mencapai 80 – 90 tahun, lebih toleran terhadap macam-macam jenis tanah dan kondisi iklim, kualitas kopra dan minyak serta sabut umumnya baik, pada umumnya menyerbuk silang (Rompas, 1989).

Penanaman  : penanaman dengan buah yang sudah bertunas, jarak tanam yang ideal  berkisar 5 m – 7 m dalam baris dan 12 m — 16 m antar baris. Jarak tanam 6 x 16 m sistem pagar menciptakan ruang lebih luas dan iklim mikro di antara barisan kelapa lebih mudah disesuaikan, sehingga membuka peluang bagi petani memilih komoditas yang akan diusahakan. Pada jarak dan sistem tanam ini jumlah tanaman per hektar:116 pohon.