Rambutan

Definisi dan Manfaat Rambutan

Nama daerah : Rambutan

Nama latin     : Nephelium lappaceum

Famili             : Sapindaceae

Kegunaan     : Buah rambutan kaya ­­­akan vitamin C dalam jumlah tinggi serta kaya akan zat besi. Rambutan dilaporkan memiliki zat anti kanker. Buahnya biasa dikonsumsi segar atau olahan. Biji rambutan, terutama lemak bji, digunakan untuk lilin dan sabun.

Daerah asal  : Indonesia

Deskripsi       : Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki rambut di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak atau ranum. Buah rambutan bentuknya bulat lonjong, panjang 4-5 cm, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya berwarna hijau dan menjadi kuning atau merah jika sudah masak. Dinding buah tebal. Biji berbentuk ellips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air, rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu.

Penanaman  : Rambutan dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut dan dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah. Rambutan perlu daerah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun atau sistem pengairan yang teraturPenanaman rambutan umumnya dilaksanakan secara vegetatif, meskipun dengan cara generatif pun bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan bijinya. Perbanyakan vegetatif pada buah rambutan dilakukan dengan cara mencangkok, sedang perbanyakan vegetatif – generatif dilakukan dengan okulasi.