Jeruk Bali

Manfaat Serta Cara Menanam Jeruk Bali

Nama daerah  : Boh Giri (Aceh)

Nama latin     :  Citrus maxima

Famili             : Rutaceae

Kegunaan     :  kulit buah dapat sebagai campuran obat demam pada anak, batuk berdahak, asma; bunganya campuran obat jantung berdebar; : daging buah sebagai campuran obat rematik:

Daerah asal :  Thailand, asia tenggara

Deskripsi       : Pohon, tinggi 5-15 m, percabangan rendah dan menyebar, berduri atau tidak berduri. Daun bundar telur sampai jorong, panjang 5-20 cm dan lebar 2-12 cm, terdapat bercak-bercak kelenjar minyak, pangkal membundar sampai agak menjantung, tepi rata sampai bergerigi, ujung runcing menumpul, tangkai daun bersayap melebar, sayap berbentuk jantung terbalik. Perbungaan aksiler, dengan satu atau beberapa bunga yang mengelompok. Bunga besar, pentamerus, berbulu; daun mahkota putih krem, benang sari 20-35. Buah bani, agak bulat, bergaris tengah 10-30 cm, kuning kehijauan dengan bercak-bercak kelenjar yang padat, kulit tebal, bagian vesikula merah jingga, rasa manis. Biji besar kekuningan (Anonimus. 2015).

Penanaman  :

Pertama anda bisa memperoleh bibit secara langsung dari biji jeruk bali. Selain itu juga bisa memperoleh bibit dengan cara vegetative yaitu melakukan proses stek dan cangkok.  Untuk memperoleh bibit dari stek dan cangkok,tentunya perlu memilih indukan yang unggul, tidak berpenyakit ataupun cacat.  Adapun cara paling mudah dar efektif yaitu dengan membeli bibit jeruk bali secara langsung ataupun online. Untuk mendapatkan bibit unggulan anda perlu melihat review ataupun bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya.  Jika anda membeli bibit, usahakan bibit merupakan jenis bibit yang sudah siap tanam dengaan ketinggian sekitar 30 hingga 40 cm.