Bugenvile

Maanfaat dan Cara Penanaman Bugenvile

Nama daerah : bunga kertas

Nama latin     : Bougainvillea buttiana

Famili              :  Nyctaginaceae

Manfaat      :  Walaupun tanaman ini berukuran kecil dan berbentuk corong, tetapi memiliki banyak manfaat. Contohnya saja untuk hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi bangsa Tiongkok dan India. Pesona bunga ini menjadi perbincangan penduduk di negara kita karena terkesan dengan bentuknya dan warnanya yang menarik hati. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.

Daerah Asal   : Amerika Selatan.

Deskripsi : Bunga kertas atau bugenvil (pengucapan bahasa Inggris: [ˌbuːɡɨnˈvɪliə][1] cf. bougainville; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama B. glabra) adalah tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. Seludang ini mengandung zat yang baik untuk kesehatan. Adib Nurdiyanto, warga Bojonegoro mengolah seludang bunga Bougenville ini menjadi minuman herbal.  Bunga kertas mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.

Penanaman :

Mengembangbiakkannya dari tanaman yang sudah ada, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya dengan stek batang.  Pilih batang tanaman bunga kertas yang cukup dewasa lalu potong dengan potongan menyerong dan meruncing. Tancapkan batang tersebut pada media tanam sedalam lima sentimeter.  Teknik menanam bunga kertas selanjutnya populer dan menjadi favorit karena kamu bisa menanam berbagai jenis warna dalam satu batang yang sama. Cara melakukan sambung pucuk adalah dengan menyambung batang muda dari satu tanaman bunga kertas, ke batang tanaman bunga kertas lain yang telah dewasa. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, metode ini akan lebih mudah berhasil ditangan para ahli.  Setelah menanam tanaman bunga kertas, salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin adalah pemangkasan. Memangkas ranting nggak hanya membantu tanaman hias tetap rapih tapi juga memberi rangsangan untuk tanaman bunga kertas tumbuh dan berbunga.