Abiau

Kegunaan, Deskrifsi, Serta Cara Penanaman Abiau

Nama daerah     : Sawo Australia

Nama latin          :  Pouteria caimito

Famili                    : Sapotaceae

Kegunaan        : Buah Abiau terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, buah ini bayak mengandung Vitamin A, B3, dan Vitamin C, juga kaya akan sumber Kalori dan serat . Buah Abiu berkhasiat sebagai peringan batuk, bronchitis dan keluhan pernapasan atau paru-paru. Getahnya dapat digunakan sebagai obat cacingan, obat pencahar, dan menyembuhkan luka bengkak.

Daerah  Asal       : Tanaman Abiau berasal dari kawasan tanah rendah Amazon di Brazil dan kini telah tersebar luas di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Deskripsi              : Pohon abiu sederhana besar dengan ketinggian mencapai sehingga 10 meter. Daunnya tersusun secara berselang, berbentuk sama ada obovat atau eliptik, bersaiz 10-20 cm panjang dan 3-6 cm lebar. Bunganya jenis hermaprodit, berwarna putih dan keluar dari aksil daun sama ada secara tunggal atau berkelompok antara 2-5 kuntum setiap kelompok. Buah yang muda berwarna hijau, berbentuk eliptik atau bulat, berkulit licin dan kadangkala mempunyai “puting” yang pendek sebelah bawah buah, tangkai buah yang pendek dan mengandungi banyak cairan bergetah.  Buah yang masak berwarna kuning berkilat dan kurang bergetah. Isinya berwarna putih krim, berjus, tekstur halus dan lembut, manis, aroma harum, sedikit bergetah dan mengandungi 1-4 biji yang berwarna hitam dan berbentuk empat segi panjang.

Penanaman        : Abiu berkembang biak dengan biji atau okulasi. Benih abiu haruslah disemai secepat mungkin (1-2 hari) setelah dilepas dari daging buah untuk menjamin pertumbuhan yang baik. Bibit tanaman asal biji dapat ditanam ke kebun apabila mencapai umur 6-8 bulan setelah  disemai. Pohon abiu hasil okulasi akan berbuah antara 1-2 tahun setelah  ditanam di kebun ,sementara itu pohon yang berasal dari biji mulai berbuah 2-4 tahun setelah tanam. Buah Abiu adalah sawo segar dari Australia, buah ini tidak berbentuk sawo tapi masih ada kerabat sawo-sawoan. Buah Abiu ini terdapat di iklim Tropis dan Subtropis, tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi.