PADAMKAN API, PETUGAS KARANTINA LAKUKAN SIMULASI TANGGAP DARURAT

Padamkan Api, Petugas Karantina Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran

Bekasi (25/06) Bahaya kebakaran adalah salah satu risiko kerja di setiap tempat layanan publik. Kecekatan pegawai sangat dituntut untuk meminimalisir bahaya tersebut, agar tidak ada korban sebelum pemadam kebakaran tiba. Karantina Pertanian Uji Terap sebagai instansi yang telah menerapkan ISO 450001:2018 mengenai K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) secara rutin mengadakan simulasi tanggap darurat kebakaran.

Pada hari Jumat (25/06) Karantina Pertanian Uji Terap mengadakan simulasi pemadaman kebakaran di lapangan parkir. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, kegiatan dilaksanakan di titik kumpul lapangan parkir Gedung Auditorium. Segenap tim tanggap darurat dan pegawai mencoba seluruh praktek pemadaman api mulai dari cara memadamkan kebakaran benda padat, cair, dan gas didampingi ahli K3 dari Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi. Kepala Karantina Pertanian Uji Terap pun tak ketinggalan mengikuti praktek tersebut.

Kepala Karantina Pertanian Uji Terap Wawan Sutian yang ikut serta dalam praktek simulasi tersebut mengatakan, “Pegawai karantina harus berani, tidak terbatas baik laki-laki atau perempuan, harus tahu dan bisa cara memadamkan api.”

Wawan menyemangati seluruh pegawai agar berani mencoba simulasi. Mulai dari pemadaman api asal tabung gas hingga api besar dari bahan bakar.

Musibah kebakaran memang tidak pernah diharapkan terjadi, namun kesiagaan petugas tetap diperlukan dalam rangka pencegahan hal tersebut. Demi apa? Demi keselamatan dan keamanan kamu. Iya kamu.