Sensor Cahaya untuk Deteksi Daging Babi

 In Uncategorized

Karantina Uji Terap Kembangkan Sensor Cahaya untuk Deteksi Daging Babi

Bekasi (7/11) – Karantina Pertanian Uji Terap berkolaborasi dengan eFarming Corpora Community dan Politeknik Negeri Bandung mengembangkan alat sensor berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligent) untuk mendeteksi daging babi atau daging sapi. Alat yang menganalisis spektrum gelombang cahaya tersebut diharapkan mampu memudahkan petugas Karantina Pertanian dalam memberikan pelayanan prima terkait produk daging yang beredar di masyarakat.

“Alat sensor yang sedang dalam proses uji ini sangat simpel penggunaannya. Petugas lapangan di masa depan diharapkan dapat mendeteksi keberadaan daging babi dalam produk hewan yang diklaim sebagai olahan asal daging sapi, seperti bakso dan sosis,” ujar Wawan Sutian Kepala Karantina Pertanian Uji Terap.

Wawan juga menuturkan daging babi dan daging sapi sejatinya dapat dibedakan secara visual, konsistensi, dan bau melalui pancaindra. Namun, ketika sudah bercampur dan dijadikan produk olahan siap konsumsi, daging sapi dan daging babi sulit dibedakan dan membutuhkan teknik tertentu seperti melalui alat analisis spektrum cahaya.

“Beberapa kasus bakso sapi yang ternyata dicampur dengan daging babi sering ditemukan. Hanya dengan menggunakan alat sensor ini, bakso yang diduga berasal dari daging babi dapat mudah dideteksi,” ujar Wawan lebih lanjut.

“Saat ini, model alat sensor hasil kolaborasi ini berada dalam tahap “pembelajaran” dan pengujian spektrum visual untuk mendeteksi ciri suatu objek. Sudah dapat digunakan sebagai alat ukur untuk memutuskan itu daging babi atau daging lainnya,” pungkas Wawan.

Melalui alat ini, Wawan berharap pemerintah bisa memberikan kepastian produk olahan daging berbasis halal untuk dikonsumsi masyarakat muslim Indonesia. Selain itu, pengembangan alat ini di masa depan diyakini menjadi rujukan utama yang bisa diterapkan dengan mudah oleh siapapun, khususnya pegawai lingkup Karantina Pertanian.

#LaporKarantina
#KarantinaUjiTerap

Recent Posts