Karantina Pertanian Uji Terap Siap Dukung Program Presiden 

 In Bimbingan Teknis/Diseminasi

Bekasi – Karantina Pertanian Uji Terap menyelenggarakan dua kegiatan penguatan sumber daya manusia (SDM) sekaligus, yaitu Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Mutu Perlakuan Fumigasi Sulfuryl Floride (SF) dan Penguatan SDM Alih Kelompok Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Terampil ke POPT Ahli, Senin (23/09).

Dalam arahan Kepala Pusat Karantina Tumbuhan, Dr. Ir. AM. Adnan, MP menyampaikan bhwa penguatan SDM  merupakan salah satu program besar Presiden Joko Widodo di tahun 2020 yang wajib didukung oleh Badan Karantina Pertanian. Melalui Karantina Pertanian Uji Terap, kegiatan penguatan SDM seperti ini tetap harus rutin dilaksanakan agar SDM karantina semakin profesional, tangguh dan terpercaya.

“Setelah kembali ke UPT Karantina tempat bertugas, diharapkan informasi yang didapat tidak terhenti, tapi dapat dilanjutkan sosialisasi ke perusahaan mengenai alternatif fumigasi selain metil bromide (MB), dan mulai menggalakkan penggunaan fumigasi dengan SF,” ujar Wawan Sutian, Kepala Balai Karantina Pertanian Uji Terap.

Salah satu peserta menyampaikan bahwa kegiatan ini khususnya penguatan SDM Alih Kelompok sangat dinantikan dan ditunggu sejak 13 tahun yang lalu. Kesempatan ini tidak akan disia-siakan dan akan digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Petugas karantina kedepannya harus selalu memegang teguh nilai integritas, loyalitas, dan solidaritas. Harus selalu terbuka dan lapang dada dalam menerima masukan dari pengguna jasa, dan tidak bersikap resisten dengan kritik yang ada,” urai Adnan.

Kegiatan ini berlangsung selama 7 dan 14 hari yang diikuti oleh total peserta 51 orang dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkup Badan Karantina Pertanian.

Adakah QForce ikut kegiatan ini? Ditunggu komennya ya ….

Recent Posts